Selasa, 24 Maret 2015

Marriage Is Not A Game



Catatan Chris :

Artikel ini ditulis putri saya tertanggal sekitar 2 mingguan yang lalu (6 Maret). Entah kenapa masih nangkring di blog ini hanya sebagai draft dan belum diterbitkan. Setelah saya baca isinya, keseluruhannya cukup bagus dan layak untuk menghiasi blog ini. Jadi.. saya published saja tanpa seijin penulisnya. Semoga tidak membawa masalah.



Blon pernah gw ngobrol sama Papa soal serius kek gini. Do you believe it? Chit chat about a marriage? Gak papa ko kalo mo ngakak. Secara gw emang keknya kagak ada potongan mo nikah cepet ekekekekekekekek............

Gw emang udah punya cowo tapi soal marriage itu blon pernah gw pikirin. Gw sama cowo gw masih punya banyak rencana yang keknya kudu diwujudin dulu. Gw juga udah telanjur terikat kontrak kudu kelarin S2 dulu. Tapi kata Papa gak ada salahnya mulai mikirin konsep marriage dari sekarang biar gw ada pegangan kuat buat besok besok.

Aturan agama gw gak ngebolehin adanya divorce. Buat gw ndiri itu mutlak kudu diikutin. Ini masalah kepercayaan gw yang kudu gw pegang ampe mati. Papa gw secara gamblang udah ngejelasin kalo aturan ato hukum itu adanya buat diikutin bukannya dilanggar.

Apa yang sudah dipersatukan oleh Allah tidak boleh diceraikan manusia. Itu ada tertulis didalam kitab suci gw. Konsep marriagenya adalah 1 buat selamanya. Kudu tetep bersama dalam susah ato seneng. Sakit ato sehat. Suka ato duka. Pokonya dalam segala hal. Bodoh? Boleh jadi orang liatnya kek gitu. Gak papa sih! Bebas aja orang mo mikir apa.

Dalam pengertian yang dijelasin Papa ke gw aturan gak boleh divorce itu tentu ada maksudnya. Biar orang mikir seribu kali sebelon merit. Biar orang berusaha buat pegang komitmen. Biar orang ati-ati banget pilih pasangan idup. Kliatannya ribet banget sih? Kagak juga la...........

Yang penting sebenernya komitmen itu kudu dipegang 2-2nya orang yang merit itu. Kalo cuma salah 1 pasti pincang. Susah jalannya. Itu gunanya komunikasi. Komunikasi itu hubungannya sama nyambung ato kagak.

Gak selalu komunikasi bakal berjalan dengan baik. Senyambung apapun orang itu. Ada masanya jenuh. Ada masanya berantem. Ada masanya sayang-sayangan. Ada masanya romantis. Ada masanya adem-adem aja. Pokonya semua kemungkinan bisa kejadian.

Gw sendiri bisa dibilang pernah jadi saksi ampir di semua kejadian dalam marriage MamPap gw. Banyak hal yang gak gw paham walopun di akhir cerita gw bisa ngerti. Tapi yang bisa gw liat MamPap gw bisa saling melengkapi. Banyak kejadian yang kagak enak bisa dilalui. Yang gw tau Mama gw jadi lebih baik walopun buat jadi kek gitu kudu ngorbanin banyak hal.

Papa gw jujur bilang kalo dulu merit sama Mama blon ada cinta. Kalo Mama sebaliknya. Mama ndiri udah nyadarin hal itu. Biarpun berat banget buat Mama tapi yawdah deh dijalanin aja. Pertama kali emang berasa pincang. Lama-lama biasa juga sih............... Lagian Mama juga udah siap mental dari awal buat mulai idup baru lagi bareng Papa.

Tapi 1 hal yang dipegang teguh sama Papa dan ditularin ke Mama. Marriage is not a game. Never! Sejak awal Papa punya komitmen buat masuk ke marriage bareng Mama. Papa sreg ngelakuin itu. Gak ada keraguan. Atinya Papa bilang kalo idup Papa selanjutnya adanya bareng Mama & gw. Itu yang jadi modal awal & dipegang Papa sampe sekarang. Papa udah pilih buat ngejalanin idup bareng Mama dalam marriagenya. Siapapun perempuan yang masih dicintai Papa kenyataannya istri Papa adalah Mama. De facto & de jure. Itu juga yang bisa diliat & dirasain sama Mama sampe pada ujungnya Mama juga makin mantap buat ngejalanin idup bareng Papa.

Gw juga liat konsep itu dipegang teguh sama salah seorang Tante gw. She’s a so great woman with a great husband. Klik. Saling ngelengkapin. Ketika ada gangguan belio kagak kepengaruh. Yah bisa jadi ada kepengaruh dikit sih tapi dengan keteguhan hati dan sikapnya semua gangguan itu jadi gak berarti apa-apa.  And the husband? Belio percaya sepenuhnya sama his wife dengan segala yang ada di sekelilingnya. How a great & mature relationship!

Marriage itu komitmen seumur idup. Komitmen 2 orang bukan cuma 1 orang aja. Komitmen buat selalu bersama dalam untung & malang, dalam susah & senang, dalam sakit & sehat, dalam suka & duka.

Trus gimenong kalo ternyata ada selingkuh-selingkuhan? Itu bukan aturannya yang salah tapi orangnya aja yang dudul. Bukannya manusia dikasih akal budi yang berguna buat pengendalian diri? Kalo gak bisa kendaliin diri apa bedanya sama jenis mamalia lain yang punya otak tapi kagak punya akal budi? Sori kalo gw ngomongnya kasar.

Orang bisa divorce, pisah ato apapun namanya dengan berbagai alasan. Kalo gak bisa divorce kek gw trus gimenong? Yah pake aja akal budi buat pertahanin marriage itu. Gampang banget ngomongnya yah? Keknya prakteknya juga kagak segampang teori itu. Tapi hal yang gak gampang itu gak berarti gak bisa dipraktekin kan? Utamanya itu nyadarin tentang hal yang udah dipilih & komit sama pilihan itu.

1 hal yang ditambahin sama Papa gw. Dengerin naluri. Kata hati. Perasaan klik. Perasaan sreg. Kalo kagak sreg mendingan kagak usah dipaksain buat ngejalanin. Sebelum telat & keburu kejebak dalam marriage yang gak boleh divorce apa salahnya dengerin bisikan ati? Sebab udah ada bukti bahwa sesuatu yang diawali dengan rasa gak sreg (yang kagak diketahui sebabnya gegara apa, cuma rasa gak sreg aja) bisa bubar jalan pada akhirnya. Siapa yang jadi korban? Pasti ada la........... Anak-anaknya misalnya.

Marriage is not a game. Never! Bisakah cowo gw punya pikiran yang sama? Gw harap bisa. Karena basicnya dia udah sama kek gw. Konsepnya semoga aja sama juga. Dan semoga bener dia buat gw..........


(yang nulis si Putri, abis ngobrol banyak sama Papa)

8 komentar:

  1. Kadang2 qta bs aja masuk kdlm marriage tak terceraikan yg ga pernah qta bayangkan seblmny. You know what I mean. Klu dah telanjur msk n ga da pilihan lain ya gmn lgi? Nikmatin aja ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep I know. You've got the best Kak! Salam bwt Om yah?

      Hapus
  2. Kalo gag sreg ngapain dipaksain? beuuhhhhh inih saya setujuhhhh bangettt :D

    BalasHapus
  3. Mantap nih Putri. Udah bisa jadi guru kursus pra-nikah... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo disuruh jalanin palingan cm bengong doang Om ekekekekekek

      Hapus
  4. Marriage is never been a game but like you came to the jungle. Emang bukan permainan tapi lebih kaya lo masuk hutan. Sepaham dan seklik apapun lo ama calon suami atau istri, pasti akan banyak kejutan kecil atau bahkan besar di dalamnya bahkan pada pernikahan yang lempeng dan hepi.

    Lo bisa banyan dapetin nasihat pernikahan yang maybe semua bener adanya. Tapi pengalaman pernikahan lo nggak bakalan sama persis plek ketiplek sama orang lain bahkan ortu lo sendiri. Pandan alias manual book berupa kitab suci agama kita barang kali adalah sebenarnya pandan buat langgeng atau tidaknya pernikahan.
    Kenapa? Kalau kita udah melangkah berdasarkan pandan kitab suci agama kita yang notabene isinya adalah 'omongan' dari Tuhan kita masing2 maka sudah bisa dipastikan jalan yang tempuh adalah yang paling bener.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I think all marriages have their differences. Definitely. Thank you for your coming Ma'am

      Hapus

Komen boleh aja, boleh banget sih! Tapi yang sopan yah.........