Selasa, 10 Maret 2015

Gusti Paringono Sabar



Status BBM yang paliiiiiiing sering nongol di akun Papa gw adalah: "Gusti paringono sabar".  Awalnya gw gak ngerti itu artinya apa. Secara biarpun gw asli keturunan Jawa tapi soal bahasa Jawa gw roaming total.

Ternyata artinya: Tuhan (tolonglah) kasih (saya) kesabaran.

Sabar. Itu Papa gw bangetttttttt. Walopun kadang-kadang di saat-saat tertentu rada susah kontrol emosi (jarang bangetttttttt sih kejadian kek gitu) tapi buat gw Papa termasuk orang yang paling sabar sedunia. Dan ternyata bukan cuma Papa yang kek gitu. Pade gw (abangnya Papa) orangnya juga super sabar.

Gw selalu kagum banget sama orang-orang yang dikasih kesabaran lebih kek Papa (& Pade). Gak gampang banget ngadepin istri yang (dulunya) sulit banget kek Mama gw. Gak gampang banget ngadepin anak yang bakat banget bandel kek gw. Blon lagi di tempat kerja (lama) seringkali kepentok birokrasi & sekarang (di tempat kerja baru) dituntut buat maksimalin kerja otak. Blon lagi kudu ngadepin masalah kesehatannya yang kagak stabil naek turun muluk kek yoyo. Keknya kagak ada yang bener di sekitar Papa. Tapi semuanya diadepin Papa dengan amat sangat sabar banget sekali!

Tapi emang gw liat Papa gw cukup religius sih! Gak pernah lepas dari doa. Semalem apapun bobonya selalu bangun pagi-pagi buat nyempatin meditasi kecuali hari Sabtu ato Minggu ato kalo pas lagi sakit. Semua yang mo dilakuin sepanjang hari selalu diawali & diakhiri dengan doa. Doa singkat & gak pernah berlebihan.

Ungkapan “Gusti paringono sabar” itu udah jelas nunjukin dari mana Papa dapet kesabaran segambreng. Gw blon bisa kek Papa. Level gw masih basement banget sementara Papa udah nangkring di puncak atrium. Bener-bener kagak bisa dibandingin.

Keknya bener juga gw kudu sering-sering ngucap “Gusti paringono sabar” biar gw jadi orang yang lebih baik.

(semalem yang nulis ini si Putri, sambil nungguin Mama ngerokin Papa)

11 komentar:

  1. Bersyukur dapat papa kek gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersukur bngtttttt sy Om......... klo gak ada Papa gak tau gmn deh nasib sy

      Hapus
  2. Bahagianya punya papa yang buaik dan super sabaaaarrr..
    Aku juga keknya kudu sering-sering ngucap Gusti, paringono sabar :D

    BalasHapus
  3. Biasanya gandengannya ikhlas Put.....terus syukur.....
    Ikhlas sabar syukur itu tiga serangkai yang kalau kita bisa jalanin hidup kita bakalan lempeng hepi nggak ada beban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu um Buk cm kan kdng2 ada aja yg dipikirin blionya

      Hapus
  4. aaaaaaaarrrrrrgggggghhhhhhh!!!!!!! papap qta emang gag ada duanya put *ada yg pasang muka setan bari bilng: papap qta??????? papap gw kaleeeeeeeee* kakakakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasang muka setan bnran neh gw! ekekekekekek

      Hapus
  5. Kalo artinya saparingane Gusti apa?

    BalasHapus

Komen boleh aja, boleh banget sih! Tapi yang sopan yah.........