Kamis, 07 Mei 2015

Sambel KW



Gegara ngiler melihat gambar ilustrasi dari cerpen mba Dyah Rina maka saya memutuskan untuk menuliskan catatan ndak beres ini.

Dulunya saya pecinta pedas & sambal. Beli rujak cingur kalau cabe rawit setannya ndak segenggam diulek semua ndak bakalan saya makan. Kalau cabe setan lagi mahal saya bela-belain bawa cabe sendiri dari rumah. Itu juga dari hasil menggunduli tanaman cabe rawit punya Ibu saya. Biar mbok Pik teriak-teriak ya saya cuekin saja. Lah wong tanaman cabenya banyak ndak cuma 1 kan saya gundulin buahnya 1-2 pohon juga ndak masalah

Punya anak banyak itu cukup merepotkan buat Ibu saya. Walaupun ada mbok Pik tapi kalau urusan masak semuanya dihandle sendiri sama Ibu. Anaknya 4 orang. Yang 2 doyan pedas (adik laki-laki & saya), yang 2 lagi anti pedas (abang & adik perempuan saya). Ibu & Bapak sendiri masih mau makan makanan pedas tapi ndak sekalap adik & saya. Kalau masak nasi goreng harus 2 macam. 1 pedas, 1 ndak. Yang pedas itu masih disediakan juga irisan cabe setan tambahan terpisah khusus buat adik & saya.

Sekarang? Dengan amat sangat terpaksa banget sekali harus bye bye cabe. Dengan kondisi lambung & usus yang sudah dedel duwel (=ndak karuan lagi bentuknya) saya ndak lagi mau ambil resiko memanjakan lidah & otak dengan makanan pedas tapi ujung-ujungnya perut saya kobongan (=kebakaran). Masih mending kalau cuma terkapar di rumah. Lah kalau sampai harus masuk ICU lagi? Sudahlah amit-amit..

Tapi kadang-kadang otak & lidah berontak juga karena sudah ndak lagi bisa nyolek sambel. Mungkin Simbok kasihan lihat saya makanya dibikinlah akal-akalan sambel KW. Bentuknya memang pure sambel tapi sama sekali ndak ada cabenya. Kalaupun ada ya cukup cuma sebiji. Bahan lain seperti yang di cerpen Sambal Jeruk itu semuanya ada kecuali cabe setan sama jeruk lemon. Rasanya? Sudahlah jangan ditanya. Tapi penting juga buat mata sama lidah ini untuk belajar menipu otak.

Sudah lama juga saya jadi terbiasa makan sambel KW. Waktu ada kesempatan makan siang rame-rame di rumah seorang sahabat, mba Nita (istri sahabat saya itu)  sampai bengong ketika Simbok minta ijin untuk bikinin saya sambel KW. Akhirnya mba Nita ini belajar bikinin saya sambel KW. Sama enaknya dengan bikinan Simbok. Dan untuk menebus sambel KW itu saya harus rela dibully rame-rame sama sahabat-sahabat saya yang lain, terutama yang punya rumah (suaminya mba Nita). Dia sadis banget kalau membully saya haha..

Baiklah cukup sekian saja oret-oretan saya soal sambel KW. Lucky me today! Siang tadi saat buka bekal makan siang ternyata ada seonggok sambel KW masuk dalam menu makan siang saya. Sambel KWnya uenak Honey! Soalnya kalau ndak bilang enak besok-besok ndak dibuatin lagi. Bisa ngenes saya..

__________

(PR.07.05.2015.Catatan ndak jelas.Chris D.a)

12 komentar:

  1. Itu aq nguleknya sambil ngempet ngguyu kekel lhoh pa Chris! Judulnya sambel kok ga pake cabe blas.
    Tetep sehat ya pa Chris ........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak apa2 ketawa sj Mba... aku sdh biasa dibully kok hehe..

      Hapus
  2. Biar kw tp sambelnya jg ttp uenak kan pak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl ndak bilang enak nanti ada yg mogok ndak mau bikinin sambel lg nelongso aku Mba.. :-D

      Hapus
  3. Wah, pasti cocok tuh sambel KW untuk saya yang nggak suka pedas. Have a nice day Pak Chris

    BalasHapus
  4. cukup sudah,... ngga dibully juga sudah ngga enak,... by the way sebagai pecinta sambal saya memahami perjuangannya Pak Chris,... wkwkwkwk. Selamat pagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enjoy sj Mba. kdng2 kl sdh lama ndak dibully kangen jg. Kangen dibully maksudnya haha..

      Hapus
  5. Ngoahahahahahahahahahahaha mbully awakmu cen hiburan abad ini Al!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pancet sempel ae arek iki. Visite Nyut visite! Wis ngantri iko loh pasienmu..

      Hapus
  6. ....ternyata sambel pun ada kawe-nya... :D

    BalasHapus

Komen boleh aja, boleh banget sih! Tapi yang sopan yah.........