Senin, 12 Juni 2017

Tinutuan dan "Anak Durhaka"



Kemarin sepulang misa Minggu pagi saya mendapat kiriman tinutuan (bubur Manado) dari mba Tien. Beliau inilah yg jadi rekan nyonya mendirikan usaha katering. Kebetulan saya memang lagi lapar berat karena saya agak terlambat bangun (gegara semalaman skypean dengan nyonya & nduk). Jadi saya berangkat ke gereja tanpa sarapan dulu (cuma sempat mengunyah roti tawar gandum kosongan selembar buat "bungkus" obat yg harus saya telan). Makanya begitu bubaran misa saya langsung pulang & ketemu dengan tinutuan yg hau jek sen cing ping.

Ngomong2 soal tinutuan jadi ingat sejarah saya berkenalan dengan makanan 1 ini. Pertama kali saya mencicipi tinutuan adalah ketika saya di Surabaya. Tetangga eyang (kakek-nenek) di Surabaya orang asli Manado. Tinutuan buatan beliau enaak sekali. Gurihnya nendang. Apalagi kiriman tinutuan yg mendarat di rumah eyang selalu disertai dabu2 roa yg pedasnya bikin puas. Saya masih suka merinding disko kalau ingat rasa tinutuan buatan tante Mieke ini. Sayangnya saya sekarang sudah ndak bisa lagi makan tinutuan yg seperti itu karena dabu2 roa & segala macam jenis cabai & sambal jadi pantangan nomor satu buat saya. Sedih..

Tapi menggelegarnya tinutuan buatan tante Mieke, yg selalu meledak dalam mulut saya, mencatat kekalahannya sendiri. Salah satu anak tante Mieke sama sekali ndak bisa ketemu tinutuan. Gilo (jijik) kalau dia bilang. Si "anak durhaka" yg satu ini malah dengan kejamnya menilai tinutuan itu seperti "larak'an" alias sampah. Abang saya (si "anak durhaka" ini sahabat abang saya) sampai pernah marah soal ini. "Ndak doyan yo ndak doyan ae, ndak usah ngomong larak'an2!" (Kalau ndak suka ya ndak suka saja, ndak perlu ngomong sampah2). Malah berdua jadi ribut sendiri. Haha..

Si "anak durhaka" ini biarpun kedua orangtuanya asli Manado tapi memang lahir & besar di Surabaya. Seleranya ya sudah njawani. Lebih doyan sgpc (sego pecel alias nasi pecel) daripada tinutuan. Lebih hijau matanya ketika melihat rujak cingur daripada sop brenebon. Bisa muntah di tempat kalau lihat kelelawar yg dijadikan makanan (saya lupa namanya) & makanan ekstrim lainnya. Makanya ia dulu cukup tersiksa ketika jadi dokter PTT selama beberapa tahun di Sulawesi Utara, kampung orangtuanya. Kapok! Haha..

Saya tahu si "anak durhaka" ini pasti misuh2 kalau saya menulis soal ini. Haha.. Biarpun saya dipisuhinya tapi yakin ia masih akan jadi salah satu sahabat terbaik kami (abang & saya). Buah jatuh ndak jauh dari pohonnya. Tante Mieke & almarhum om Hans adalah orang2 terbaik yg pernah saya kenal. Begitu juga si "anak durhaka" ini. Saya ndak perlu menceritakan kebaikan hatinya karena ndak ingin buat dia GR haha.. Tapi yg jelas dia baik, bahkan sangaat baik. Bahkan putri saya sangat mengidolakan ia. Katanya ingin punya suami kaya si om. Loh gawat! Saya sempat was2 ia bakal mengembat putri saya karena dia masih juga single saat putri saya beranjak dewasa. Tapi untungnya ndak terjadi hehe..

Loh dari tinutuan kok jadi menggosipkan si "anak durhaka"?? Harap maklum saya memang agak error beberapa hari ini. Efek ditinggal nyonya pelesiran ke luar negeri untuk menengok si ucrit kesayangannya. Karena itu mba Tien berbaik hati mendaratkan semangkok tinutuan ke rumah saya. Terimakasih mba Tien.


__________



(PR.12.06.2017.Chris Darmoatmojo)




11 komentar:

  1. Aku moco judule gek sebelah mau es gaenak rosoe wkkkkkkkkk
    Bakno tenan a. Jangan lowo iku paniki Al.
    Error temen cen awakmu wkkkkkkk
    Errorku pindah gek awakmu wkkkkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiyo paniki. Tp caramu ngomong sumpah ndueso Nyut. Jangan lowo haha..

      Hapus
  2. Ancene durhaka temenan og arek iku 😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Papae Quin meneh12 Juni 2017 pukul 10.45

      Wkkkkkkkk onok seng balas dendam bloge dikisruh wkkkkkkkk

      Hapus
    2. Haha.. Jik untung awak dewe ndak disatru haha..

      Hapus
  3. Sueteres kabe arek arek iki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Papae Quin meneh12 Juni 2017 pukul 14.30

      Sempel tapi lak ngangeni se Yon wkkkkkkkkk

      Hapus
    2. Aku loh bayangno sam Noid delok awakmu omong ngangeni kyk awakmu delok paniki Nyut. Kudu mutah haha..

      Hapus
  4. Seruan baca komentar2e Al ha....ha....ha....ha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lek wis ngene iki ndak eling tuweke mam Lid haha..

      Hapus
  5. Ngakak soro baca komen"e wakwakwakwak
    Sampek pa Dion ikut mecungul wakwakwakwak

    BalasHapus

Komen boleh aja, boleh banget sih! Tapi yang sopan yah.........