Rabu, 15 Juni 2016

Ngaca Ngadep Ke Cermin



Kemaren bari jalan pulang kerja gw ngobrol asik ma Papa. 😍  Banyak hal yg kagak nyambung udah aja disambung2in. Ngurangin bete lah kejebak macet. Ujung2nya serius juga yg diomongin. Soal perbaikin diri dari dalem. Eeeeeaaaaaaa jangan ngebayangin gw kek lagi dengerin motivator ngomong yah! Kita kek ngobrol biasa gitu tapi daleeeeeemmmm. #encup2 Papa 😘

Beberapa hari lalu gw sempet jijay banget ma seseorang. Jujur gw pengen munt*h liat kelakuannya. Yg udah pernah diomongin & performancenya bener2 berbanding kebalik ma tingkah lakunya. Mana pake acara play victim belagu kek drama queen gituh apa la. Udah aja gw bikin tulisan pokonya yg bunyi2in dia ajah. Kesel gw! 

Tapi berhubung gw anaknya anak baek-baek #hooooeeeek# 😎  udah aja tulisan gw nangkring di draft doang. Blon gw terbitin di blog. Ada si prasaan blon tega gituh. Eeeeeaaaaaa mana udah keduluan ketauan Papa. Abis de gw ditegor. 😒  Akir crita dicut la tulisan gw ma Papa. Pasrah. Tapi dasar Papa gw emang baek hati-kagak sombong-gemar menabung kek pramuka jadinya gw ditanyain mo kompensasi apa buat tulisan gw yang dicut entu. Udah aja gw minta link blog kagak mutu itu diturunin ajah dari blog kita. Daripada bikin sepet mata pan! Yawdah deal. πŸ˜†

Trus kemaren kita benernya kagak bahas soal itu. Tapi bahas soal hargain orang laen. Manusia tu makhluk sosial kan yah jadinya kudu bisa idup barengan sama orang-orang laen. Bertemen. Enak sama enak. Saling hargain. Saling hormatin. Tapi kudu asalnya dari dalem dulu. Dari diri sendiri. πŸ˜‡

Coba gimana bisa kita hargain orang laen kalo gak bisa hargain diri sendiri? Hargain diri sendiri juga kudu pas. Kagak bisa kelewat rendah palagi kelewat tinggi. Trus gimana nakernya kek gitu? Makanya kita dikasi perasaan ma Tuhan. Gimana kita kudu ngasah perasaan itu biar lebih peka. Palagi gw cewe kan katanya perasaan lebih maen daripada logika (katanya loh! Aslinya sih berasa kagak kek gitu juga). 😁

Gw roaming bahasa Jawa tapi ada ko pepatah (ato apa la namanya) Jawa yg intinya "jangan berasa bisa tapi bisalah merasakan". Itu kalo dikupas dalem banget. Ada hubungannya sama gimana ngasah rasa peka. Kita sebagai manusia jadinya kagak maen slonongan aja gangguin orang laen. Ngerampas haknya orang laen. Nindes orang laen. Kagak ada terima kasihnya ke orang laen. Play victim. Drama queen (lah!!!!!!! Napa baleknya kesitu2 lagi yah?????? 😯 ). Pokonya jadi orang yg normal aja de idupnya. Normal mikirnya. Kagak perlu bikin susah diri sendiri palagi orang laen. Tolong menolong itu masih mutlak kita lakuin tapi kalo udah bikin rusuh yah bubye aja jadi kenalan. Masi banyak ko orang laen yg lebih baek buat dijadiin temen. Yah normal apa kagaknya liat aja "gw punya temen bejibun lah temen lo berapa biji?"

Na kek gini ni yg kata Papa kudu kita nengok ndiri ke dalem ati. Udah bener blon kita berlaku jadi temen? Bisa gak kita dianggep jadi temen? Bisa gak kita rasain apa yg orang lain mungkin rasain? Layak gak kita dijadiin temen? Banyak gak yang udah kita rusuhin? Kalo jawabnya mayoritas "negatif" (tapi jawaban jujur noh!) yah kudu introspeksi la. Bercermin. Tapi kalo jawabnya "positif" (jujur juga kudu!) berbahagialah kita. Udah aja hayok selamatan. Bikin tumpeng nasi kuning ato apa la. πŸŽ‰ Na kalo jawabnya "positif" tapi maksa nipu diri sendiri & nyatanya kita gak punya temen yang normal, udah gitu nyalahin orang laen muluk kagak mo introspeksi & hobi banget berlagak jadi korban, dramain kemenong2, siap-siap ajah konsul ke psikolog. Ukeh???????

Konsul ke psikolog itu bukan aib loh! Tapi buat kebaikan diri sendiri biar kagak salah arah. Gw ni udah ngerasain manfaatnya. Gw bisa berasa lebih waras aja abis ngobrol sama psikolog. Mama gw juga. Sepupu2 gw jg. Nah loh! Keknya kluarga gw bermasalah smua yah? Akakakakakakakakak gak papa kaleeeeeeee. Pan ngaku ini! Kagak belagu "beres" tapi ujung2nya kurang segini setrip 😝  & ngerusuhin orang laen.

Anyway, makasih udah jadi rem aku Pap! Biar aku kagak kejeblos ikutan jadi cewe kurang waras. Love you Pap! Encup 1000x πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜


(PPMDS. 12:25.15.06.2016)

3 komentar:

  1. Empuuuutttt !!!!
    Hasek aq komen pertama !
    Lama ganulis kmu yoh ?
    Itu bisae kluar emot lucu" gitu ya apa carae ????

    BalasHapus
  2. Uhuuuk... Merasa waras mendadak yak, Put??? πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus

Komen boleh aja, boleh banget sih! Tapi yang sopan yah.........